GUBRAKER & KOMUNITAS PEDULI SEHAT DONASI UNTUK KORBAN BANJIR SELATAN JAWA

HK, 17/12
Musibah bencana alam yang melanda beberapa kawasan di Indonesia tentu saja mengundang keprihatinan dan kepedihan bagi seluruh rakyat Indonesia. Terlebih lagi bagi mereka yang terdampak langsung musibah tersebut. Bukan saja mengakibatkan kerugian material yang sangat besar, tapi juga imaterial. Utamanya korban jiwa tak berdosa. 

Mengutip dari bbc.com, untuk bencana banjir akibat badai siklon Cempaka di wilayah pesisir selatan pulau Jawa, BNPB mencatat setidaknya ada 19 orang meninggal dunia. Sementara kerugian materialnya mencapai trilyunan rupiah. Daerah daerah yang terkena musibah banjir dan tanah longsor itu diantaranya adalah, Situbondo, Sidoarjo, Pacitan, Wonogiri, Ponorogo, Magetan, Serang, Cilacap, Sragen, Boyolali, Trenggalek, Sukabumi, Purworejo, Magelang, Tulungagung, Semarang, Klaten, Malang, Wonosobo, Klungkung, Kota Yogyakarta, Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman, Bantul, Kudus, dan Sukoharjo.





Kondisi ini tak pelak juga memicu keprihatinan di kalangan buruh migran di Hongkong. Para TKW yang tergabung dalam berbagai organisasi maupun komunitas bahu membahu menggalang dana untuk disumbangkan kepada para korban. Komunitas Gubrak Indonesia cabang Hongkong misalnya, bekerjasama dengan komunitas Peduli Kasih HK melakukan aksi penggalangan di kalangan para pekerja migran.

"Alhamdulillah terkumpul 6,7 juta. Dan sudah kami kirim ke dua lokasi. Di Pacitan dan Jogja. Nggak seberapa memang, tapi semoga bisa sedikit meringankan" kata Ayuk Rahayu, yang merupakan korlap dari Komunitas Peduli Sehat.

"Untuk para donatur, kami mengucapkan banyak terimakasih. Semoga kebaikan anda semua mendapatkan balasan yang lebih dari Allah ta'ala. Mohon maaf juga kalau tidak semua yang tertimpa bencana bisa kami jangkau" imbuh Savina, korlap Gubrak HK kepada gubraker.com

Selain mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para korban banjir Pacitan, Gubraker HK juga mengadakan bakti sosial berupa donor darah. Kegiatan ini berlokasi di Red Cross clinic yang berada di kawasan Causeway Bay, Hongkong. Dari pantauan gubraker.com, setidaknya ada belasan gubraker yang ikut ambil bagian.

"Alhamdulillah ini sudah yang ke 9 kalinya. Dan insya Allah menjadi agenda rutin Gubraker di sini" Nurya atau lebih dikenal di sosial media Yung Lian Nishang menerangkan.