31 Kontestan Pastikan Ikuti Babak Lanjutan Pemilu Raya

Setelah melewati babak kualifikasi yang berlangsung selama empat hari dan ditutup pada tanggal 13 Agustus 2016, 31 kontestan akhirnya memastikan diri lolos dan berhak mengikuti tahapan lanjutan. Menurut aturan, sebenarnya ada jatah 32 kursi untuk peserta yang lolos kualifikasi akan tetapi sau calon terpaksa didiskualifikasi dari lomba. 

"Iya, ada satu nama yang kita coret. Dia mengundurkan diri dengan alasan yang tidak bisa kami ungkapkan" salahsatu komisioner KPU, Tiara Bayu menjawab pertanyaan Gubraknews.

Dari pantauan Gubraknews di lapangan, pertandingan yang berlangsung selama empat hari itu memang berlangsung cukup sengit. Saling sikut dan saling serang antar kandidat mewarnai jalannya pertandingan. Di kubu wanita, Yukary Dhiiana Haruka berhasil mencapai posisi puncak dengan angka cukup meyakinkan, yakni 183 poin. Jauh diatas pesaing terdekatnya Cindy Kirana Majjid yang hanya mampu membukukan 136 angka. Prestasi gemilang Yukary ini seolah menjadi alarm bagi kontestan lain terutama yang sudah lama malang melintang di event serupa. 

"Terus terang saya cukup terkejut dengan kemampuan Yukary di babak kualifikasi. Dia pemain baru di event ini. Berangkat dari posisi 12 di hari pertama dan kedua, lalu dengan sangat impresif menduduki posisi puncak di hari ke tiga dan ke empat. Ini sekaligus mematahkan dominasi kandidat asal HK yang selama dua periode belakangan tampil mendominasi".

Kejutan juga terjadi di kubu pria. Meski posisi puncak di duduki pemain lama, Aryo Bogeloe, dengan raihan 60 angka, akan tetapi itu tidak cukup membuatnya superior. Setidaknya ada dua muka baru yang tampaknya bakal menjadi rintangan terberatnya. Penampilan dua debutan baru Yahya Wijaya (Jember) dan Ghazali (Brebes) sejauh ini cukup menjanjikan.

Sementara itu, keikutsertaan para senior komunitas dalam perlombaan kali ini sepertinya belum mampu mewarnai perlombaan. Dari sekian anggota senior komunitas yang turut ambil bagian, hanya dua nama yang sanggup lolos di babak 32 besar. Aang Arif Amrullah dan Luthfi Harits. Keduanya menduduki posisi 9 dan 12. 

"Meski kurang mengesankan, tapi saya pribadi tetap optimis. Perjalanan masih jauh. Sekarang yang terpenting adalah lolos di babak 16 besar. Setelah itu baru kita berfikir tentang peluang" Aang Arif Amrullah menjawab diplomatis.

Berikut daftar 32 kandidat yang lolos,

A. Pria
1. Aryo Bogeloe
2. Yahya Wijaya
3. Ghazali
4. Soe Kamto
5. Suhendra Hendra
6. Nanto Tok
7. Syamsul Hayde
8. Silham Robith Syah
9. Aang Arif Amrullah
10. Gus Aconk
11. Andi Budiman
12. Luthfi Harits
13. Fahir Fauzi
14. Vidyanto Zubriant
15. Kang Adhie Assinda
16. Ali Gakgondrongmeneh

B. Wanita
1. Yukay Dhiiana Haruka
2. Cindy Kirana Majjid
3. Ersa Wahyu Verdiana Putri
4. Sri Cahyani
5. Ibuk E Fariz
6. Atmi Shashaa
7. Nhix Kinoy
8. Dewi Cahyono
9. Vina Andriana
10. Tina Wae (diskualifikasi)
11. Icha Lintang
12. Rondo Kempling
13. Meisya Elyani
14. Riway Yatiningsih
15. Syaharbanu Eka Dwiyanti
16. Susilawati Hadiwijaya