Beberapa Kebiasan Buruk yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

Sobat Gubraker.com - Baterai itu ibarat tubuh yang kalau digunakan secara berlebihan pasti nggak baik. Kalau enggak dikasih makanan yang pas dan sesuai kebutuhan juga jadi gampang kena gangguan.

Bagi kamu yang susah untuk lepas dari smartphone, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kebersamaanmu dengan smartphone kesayangan bisa bertahan lama. Berikut ini kebiasaan yang semestinya dihindari agar baterai smartphone kamu berumur panjang:


Kebiasaan buruk bikin batrei jebol


Kebiasan Buruk yang Bikin Baterai Smartphone Cepat Rusak

1. Memainkannya sambil di-charge

Kebiasaan ini yang paling sering dijumpai, seharusnya kondisi yang baik ketika men-charge smartphone adalah dimatikan atau minimal tidak digunakan sama sekali. Tapi pada umumnya orang tetap menggunkan smartphone-nya meski sedang di-charge, karena masih asik chatting-an dengan teman atau pacar, sedang teleponan, atau lebih buruknya sambil main game. Meski banyak yang sadar akan bahaya dari kebiasaan buruk ini, tapi tetap masih banyak yang melakukannya. Kebiasaan buruk ini akan mengakibatkan suhu smartphone kamu meningkat dan bisa merusak sel pada baterainya bahkan kinerja komponen bagian dalam smartphone kamu juga terancam.

2. Di-charge terlalu lama

Entah karena lupa atau sengaja, kebiasaan ini juga sering dilakukan. Pada kenyataannya kebiasaan seperti ini dapat memperpendek umur baterai smartphone kamu, karena kebiasaan ini dapat membuat baterai smartphone kamu bocor.

masukkan deskripsi gambar disini

Sebaiknya, kebiasaan seperti ini jangan terus dilakukan karena tidak baik untuk kondisi baterai itu sendiri. Terlalu lama atau bahkan semalaman men-charge mengakibatkan baterai akan terus terisi meskipun sudah penuh, inilah yang sering menyebabkan baterai bocor. Jadi, apabila men-charge baterai usahakan langsung mencabut kabel setelah baterai full.

3. Smartphone selalu dalam keadaan menyala/aktif


Sama seperti umumnya barang-barang elektronik yang lain, tidak baik kalau terus-terusan digunakan atau dalam kondisi ON. Smartphone pun perlu waktu untuk istirahat. Karena jika selalu digunakan tanpa henti, bisa-bisa bukan hanya baterai saja yang akan mengalami kerusakan, tetapi komponen lain pun bisa mengalami dampak buruknya. Waktu yang tepat untuk mematikannya adalah ketika kamu tidak lagi menggunakannya, seperti saat tidur di malam hari. Dengan begini kinerja baterai akan selalu terjaga. Kebiasaan ini sebenarnya tidak terlalu berdampak buruk akan tetapi tidak ada salahnya dihindari untuk meminimalisir terjadi kerusakan pada baterai

4. Menggunakan charger bajakan

Banyak dari kita yang sering mengabaikan resiko dari kebiasaan buruk ini. Memang sih, baterai kamu masih bisa terisi sampai penuh dan tidak terlihat masalah apapun saat sedang diisi. Namun, sebenarnya kebiasaan ini bisa mengakibatkan baterai kamu rusak.


Menggunakan charger bajakan tidak akan menjamin keamanan dan kenyamanan. Dan pastinya kualitas dari charger tersebut selalu dipertanyakan. Karena spesifikasi yang dimiliki bisa saja tidak sesuai dengan smartphone kamu.

5. Tidak di Charge sampai penuh

Kebiasaan ini sangat sering terjadi, dan biasanya dikarenakan sedang buru-buru atau enggak sabar menunggu sampai penuh. Kebanyakan orang enggak sadar akan dampak dari kebiasaan ini. Perlu kamu ketahui bahwa kebiasaan ini juga bisa merusak baterai smartphone.

6. Smartphone tetap digunakan meski suhunya panas


Smartphone yang terus-terusan digunakan terutama di luar ruangan dan terkena sinar matahari pasti suhunya jadi cepat panas dan berdampak mempercepat kerusakan baterai. Udara panas di area smartphone bisa saja meningkatkan suhu pada mesin dan baterai sehingga smartphone menjadi rusak. Karena itu, gunakanlah smartphone-mu seperlunya ketika di luar ruangan terutama jika terkena matahari secara langsung.

Gunakanlah smartphonemu dengan bijak. Jika ada masukan dan komentar bisa tambahkan di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.